Beranda > Tutorials > tutorial microsoft excel

tutorial microsoft excel

1 Februari 2009

by : ofa ragil boy

ms-excelMukaddimah

Puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Kuasa dengan karuniaNya saya bisa memposting tutorial ini. semoga bermanfaat bagi semua pembaca. Amien.

Sebelumnya saya pernah memperkenalkan microsoft word nah kali ini saya akan menduakannya “bukan berarti selingkuh” dengan microsoft excel. Mungkin anda pernah mendengar sebuah aplikasi yang terkenal bernama lotus 123. Aplikasi ini memang terkenal sebagai aplikasi spreadsheet (lembar kerja) yang handal. Aplikasi Lotus 123 juga dikenal dengan slogannya WYSIWYG dalam bahasa jawanya “what you see is what you get” atau dengan kata lain apa yang Anda lihat itulah yang Anda dapat. kemudian microsoft corp, yang mencoba peruntungannya dalam bisnis spreadsheet ini dengan harapan dapat menandingi bahkan menggantikan dominasi lotus 123 saat itu. Dan microsoft memperkenalkan microsoft excel yang sekarang tergabung dalam komunitas Microsof Office. tahun selanjutnya, nasib baik berpihak pada Microsoft yang membawa Excel sebagai spreadsheet terpopuler sampe saat ini.

Mengenal Microsoft Excel
Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja) yang bisa digunakan untuk membuat tabel dan menyajikan data dalam bentuk grafik. Dengan Microsoft Excel kita dapat mengolah data (biasanya numerik) walalupun datanya dalam skala besar (tapi ya gak terlalu besar, klo untuk yang datanya “super” besar Microsoft punya andalan lain yaitu Microsoft SQL Server 2005.

Karena Microsoft Excel tergabung dengan Microsoft Office, maka sebagian perintah maupun shortcut yang ada di Microsoft Word juga dapat digunakan di Microsoft Excel. Ada perbedaan antara program spreadsheet Lotus 123 dengan Microsoft Excel, pada Lotus satu buah file hanya dapat menampung satu buah lembar kerja (sheet), sedangkan di Excel satu file bisa menampung lebih dari satu lembar kerja. Itulah sebabnya Excel juga dapat dinamakan workbook. Satu sheet Microsoft Excel terdiri atas 256 kolom (A … IV) dan 65536 (8x lebih banyak dari Lotus), emang dasar microsoft.

Perpotongan antara sebuah kolom dengan sebuah baris dinamakan dengan sel (cell). Letak sel (cell) yang sedang aktif ditandai dengan sebuah kotak segi empat berwarna hitam yang dinamakan dengan sel penunjuk (pointer cell).

=================——-

mukaddimah
lembar kerja microsoft office excel
pengeditan dan pemformatan worksheet
fungsi bentuk statistik
fungsi kelompok teks dan fungsi bantu logika
rumus-rumus standar
cell absolut dan cell relative
fungsi if
fungsi vlookup, hlookup dan lookup value

=======>>>

• download orb “ORa Bayar” ===> modul excel 2007

Kategori:Tutorials
%d blogger menyukai ini: