Beranda > Security > cara mempassword folder n file

cara mempassword folder n file

by : ofa ragil boy

password-kunci

seberapa pentingkah file dokumen-dokumen anda? dan hanya anda-lah yang boleh tau? “rahasia perusahaan”. dimanakah anda menyimpannya? takut di diketahui orang-orang?

ini saya mau sedikit berbagi, untuk melindungi file dokumen-dokumen anda yang sangat rahasia, dengan membarikan password baik pada setiap file maupun folder.

mempassword folder

untuk memberi password pada folder, kita memerlukan software yang dinamakan folder lock, anda bisa beli di apotik atau bengkel komputer. hehheeehe. kalo lagi malez beli atau memang mau yang orb “ORa Bayar”, ni saya kasih tau alamatnya http://www.brothersoft.com/downloads/folder-lock.html anda silahkan saja bersilaturrahmi dan bisa mendapatkan barang yang dimaksud. kalo masih malez juga bersilaturrahmi ke alamat tadi, yo wis, saya persilahkan download folder lock tanpa harus pindah dari tempat duduk anda, sante aja pokoke orb “ORa Bayar”, selagi masih bareng orb “Ofa Ragil Boy”. hehehehhee

cara penggunaan folder lock

mempassword winzip
1. Buka Windows Explorer
2. Siapkan file atau folder yang akan dicoba untuk dikompres dengan Winzip.
3. Klik kanan pada folder yang akan di-Zip, pilih menu Winzip -> Add to Zip file.
4. Setelah dipilih akan tampil kotak dialog Add. Pada bagian Option beri tanda checklist pada Encrypt added files.
5. Jika sudah, klik tombol Add.
6. Kalau ada kotak dialog Winzip Caution, klik saja OK.
7. Selanjutnya akan tampil kotak dialog Encrypt. Masukkan password yang hendak dibuat pada field Enter Password dan masukkan kembali pada field Re-enter password (for confirmation). Untuk Encryption method pilih Zip 2.0 compatible encryption (portable).
8. Jika sudah klik OK.
9. Proses kompresi file sudah dilakukan dan telah diberikan password.
10. Sekarang cobalah untuk mengekstraknya. Kalau ada permintaan password berarti anda telah berhasil memberikan password pada file zip.

mempassword winrar
1. Buka Windows Explorer
2. Siapkan file atau folder yang akan dicoba untuk dikompres dengan Winrar.
3. Klik kanan pada folder yang akan di-Zip, pilih Add to Archive.
4. Setelah dipilih akan tampil kotak dialog Archive name and parameters, pilih tab Advanced, kemudian pilih lagi icon Set Password.
5. Pada kotak dialog Archiving with password, masukkan password yang anda maksud dengan mengetikkan pada kota Enter password yang tersedia, lanjutkan juga dengan mengetikkan password yang sama pada Reenter password for verification.
6. Kalau sudah, klik saja OK.
7. Klik lagi OK, selanjutnya akan terjadi proses kompresi.
8. Kalau anda mengekstraknya, otomatis akan muncul permintaan password terlebih dahulu.

mempassword microsoft word
1. buka file Microsoft Word yang akan anda berikan password
2. Pilih menu Tools -> Options.
3. Setelah tampil kotak dialog Option, lalu pilih tab Security.
Pada tab Security di bagian Password to Open, masukan password yang anda inginkan. Sedangkan untuk Password to modify kita kosongkan dulu untuk sementara.
4. Jika sudah, lalu klik OK.
5. Lalu akan tampil kotak dialog konfirmasi untuk Reenter password to open. Masukkan kembali password-nya telah anda inputkan.
6. Jika sudah, lalu klik OK.
7. Kemudian Save dokumen tersebut, pilih Close untuk keluar dari program Microsoft Word.
8. kemudian coba buka dokumen Word yang baru saja telah diberi Password, apa yang terjadi?
9. Coba masukkan kode password yang telah anda beri pada kotak dialog Enter password to open file.
10. Kalau anda benar memasukan kodenya, berarti tidak ada masalah.

mempassword file pdf
1. buka file PDF yang anda miliki, lalu setelah tampil pilih File -> Document Security.
2. Pada opsi Security Options, pilih Standard Security dengan mengklik anak panah kecil.
3. Yang akan kita lakukan adalah hanya memproteksi untuk open dokumen, karena itu anda beri tanda checklist pada Password Required to Open Document. Pada textbox User Password, masukan password yang ingin anda gunakan.
4. klik OK.
5. Masukan lagi konfirmasi password, klik OK.
6. Kemudian Close.
7. Simpan dokumen PDF anda,
8. Kemudian keluar dari aplikasi dengan memilih menu File -> Close.

bilamana masih merasa khawatir ketahuan sama orang laen, dengan file dokumen yang telah di beri password, hendaknya anda :
1. mengunci ruangan komputer (kurang aman?)
2. mengunci rumah (kurang aman juga?)
3. hidup di hutan (lebih ga aman dan ga nyaman)
4. intermezo. hehehhhee

woro-woro:
bila anda termasuk orang yang suka memberi password pada setiap file dokumen2, hendaknya menggunakan satu nama password saja, supaya anda tidak bingung karena kebanyakan password.

tulisan terkait :
membobol password

About these ads
Kategori:Security
  1. 1 Februari 2009 pukul 04:14

    Thanx infonya. Klo ga pake software bisa ga yah. Dulu aku pernah tapi lupa lagi :)

  2. 1 Februari 2009 pukul 13:25

    sebelumnya terima kasih buat ibu f@tm@

    kalo ibu memakai Windows XP, bisa mempassword folder n file dengan menggunakan NTFS.
    Caranya adalah, mengubah Security Permission untuk folder tersebut (klik kanan di folder/file, lalu pilih Properties (atau Sharing and Security), lalu pilih tab ‘Security’. Disitu ada daftar user yang bisa mengakses folder tersebut. Pilih user anda, dan centang/enable semua Permission, termasuk “Full Control” menjadi “Allow”. Untuk user lain (kalau perlu ditambahkan user “Everyone”), dicentang semua untuk “Deny”.

    Dengan cara tersebut, user lain tidak akan bisa masuk dan membuka isi folder/file. Cara ini bergantung pada user login anda. Apabila ada orang lain yang bisa login menggunakan nama dan password anda, maka data anda bisa dilihat. Bahkan dalam keadaan darurat, account Administrator masih bisa meng-override settingan anda dan membuka data anda.

    Kalau mau lebih ‘aman’, tergantung bagaimana anda men-setup XP anda, saat klik kanan di Folder/File tersebut ada pilihan “Encrypt”. Dengan opsi ini, apabila ada orang bisa mengakses harddisk anda secara langsung (tanpa lewat login), maka tetap tidak akan bisa membaca isi folder.

    atau dengan cara lain, coba anda copy file dibawah ini :

    cls
    @ECHO OFF
    title Folder KeranjangData
    if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
    if NOT EXIST KeranjangData goto MDLOCKER
    :CONFIRM
    echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
    set/p "cho=>"
    if %cho%==Y goto LOCK
    if %cho%==y goto LOCK
    if %cho%==n goto END
    if %cho%==N goto END
    echo Invalid choice.
    goto CONFIRM
    :LOCK
    ren KeranjangData "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
    attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
    echo Folder locked
    goto End
    :UNLOCK
    echo Enter password to unlock folder
    set/p "pass=>"
    if NOT %pass%== gantidenganpasswordanda goto FAIL
    attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
    ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" KeranjangData
    echo Folder Unlocked successfully
    goto End
    :FAIL
    echo Invalid password
    goto end
    :MDLOCKER
    md KeranjangData
    echo KeranjangData created successfully
    goto End
    :End

    kemudian pasti di notepad, cari kalimat

    gantidenganpasswordanda

    untuk memberikan password.

    setelah mengganti password, sekarang save file tersebut dengan nama file locker.bat trus keluar.

    selanjutnya klik (2x) locker (nama file yang barusan dibuat) maka akan keluar folder KeranjangData nah disitu tempat rahasia file dokumen anda tersimpan.

    catatan :
    untuk mengunci (menyembunyikan) tinggal klik 2x file locker kemudian ada permintaan, langsung saja tekan Y enter.
    untuk membuka, klik 2x file locker trus ada permintaan password, masukkan password yang telah anda buat.

    met mencoba

  3. 30 Maret 2009 pukul 23:10

    where can I download winrar from your blog? winRAR compress content 8 to 30 percent better than ZIP!

  4. Permadi
    31 Maret 2009 pukul 06:28

    Q cuma mau tanya” komputer kan tak kasih pasword untuk log in. Tapi kenapa lo aku hidupin malah STARTINg UP . lama bgt? tlong dong solusinya? maaf gaptek.

  5. 31 Maret 2009 pukul 06:50

    @ permadi

    makasih sebelumnya, ya saya juga masih gaptek, hehehhe……
    ya dah kita sama-sama belajar, tapi klo boleh tahu bapak ngasih password di windowsnya apa system DOSnya?

    tapi setelah loading selesai, masuk ke windows kan?….

  6. ashari
    3 April 2009 pukul 09:30

    tolong ajarin cara make notepad buat ngecrack password donx…..

  7. YK
    14 April 2009 pukul 02:17

    Tolongin dong… gimana caranya ngerubah header wordpress kayak di atas itu… saya nggak bisa untuk masuk / merubah ke template wordpress. Kalau di blogger.com sih bisa…

    Terima kasih atas kebaikan mas ya…

  8. 14 April 2009 pukul 03:55

    @YM

    waduh, sebenernya antara blogger vs wp lebih mudah wp :D

    untuk merubah header wp tergantung dari themes itu sendiri, bisa di rubah apa ga, kalo yang bisa dirubah pas di dasbord widget disitu ada custom header. nah tuh yang perlu diganti.

    kalo theme yang ga bisa dirubah headernya, berarti ga ada custom headaer.

    ya iya lah masa iya ding :D

    met mencoba
    salam ngeblog

  9. wahid
    24 April 2009 pukul 06:41

    as…..
    sry pendatang baru
    tolong ajarin w tenteng masword word 2007

  10. 24 April 2009 pukul 13:16

    @wahid,
    cari ajah di blog ini, ada ko tutorialnya,

    trus ada tuh ubitmenu, buat mempermudah operasikan word 2007.

    thanx moga brmanfaat

  11. 13 Mei 2009 pukul 06:46

    Mantap infonya, thanks ya :-)

  12. uyut
    12 Juni 2009 pukul 17:43

    aq cma mw tanya:
    di PCq folder2 yang terhidden tiba2 ilang. padahal di folder option udah aq centang d Show hidden tapi masih gax nongol. Bagaimana dong,aq butuh bantuannya.

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  13. Aditya p.p
    22 Juni 2009 pukul 05:00

    Wizz keren banget bro tutor tentang password,

  14. daniel yoga
    28 September 2009 pukul 02:41

    thanx a lot bro…
    saya terbantu sekali…

    salam,
    DY

  15. puteri
    23 Oktober 2009 pukul 03:41

    blh x tunjuk cara nak bt folder y berpassword senang sikit la
    sbb sy xth la nak bt mcm mn????????
    blh x????

  16. 31 Oktober 2009 pukul 19:14

    maaf langsung aja mas,gini saya pernah mengunci data di flash disk pakai folder lock di komputer teman saya dan saya cm pakai id dan password sama supaya mudah di ingat ,dan berhasil,tapi setelah komputer teman saya di install ulang tiba tiba data di flash disk saya ngak bisa dibuka pdhl password ama id nya ngak ada masalah dan saya buka di komputer lain jg ngak bisa di buka,pdhl dulu sebelum di install ulang bisa saya buka di komputer teman saya tsb.dan tolong gmn cara membukannya krn data kantor ada di flash dish saya ini.dan trim atas bantuannya

  17. 5 Desember 2009 pukul 22:03

    saya mau tanya nih, sofware yang ni kompatibel sama windows vista gak? terus trial gak?
    coz aku males banget kalo punya sofware yang trial?
    tapi kalo pun trial, aku bisa minta kkuncinya kan?
    aku sedooooooooooot dulu deh
    salam kenal dari aku wahyu

  18. RINTAN
    8 Februari 2010 pukul 10:34

    makasih y info’a
    Q mo tanya klo bikin folder berpasword di USB bisa gx sih dan gimana caranya?

  19. 26 Februari 2010 pukul 03:58

    mas, bisa bantu saya ga?????
    ada keygen untuk sid retail pro 2009(software minimarket) ?????
    tolong dong mas…

  20. 22 April 2010 pukul 07:54

    aduh toloooooong file pasword aq ga bisa di buka, ilang selamanya tidaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak padahal itu semua file penting lagi. tolong dong pemilik blog HELP ME !!

  21. 11 Juni 2010 pukul 23:52

    mantap poll heheh salam kenal Gan

  22. 27 Juni 2010 pukul 09:11

    ok deh..
    tips yg ok

  23. 28 Juni 2010 pukul 09:59

    siiip saat`y dicoba kang

  24. 29 Agustus 2010 pukul 12:55

    maksih bnyak infonya…

  25. 22 Oktober 2010 pukul 13:57

    kok folder lockernya waktu dibuka ga ke password? mohon bantuannya

  26. 3 Desember 2010 pukul 02:22

    tq infonya, boleh dicoba nih….

  27. 18 Januari 2011 pukul 04:17

    coba ach sapa tau mantap buat jaga** :D

  28. danils
    15 Maret 2011 pukul 17:50

    mau nanya nih mas..,
    klo kode program di atas, yang untuk mempasword file or dokumen, ga ad efek a kan mas.

  29. 15 April 2011 pukul 19:19

    thxx bgtt omm, infonya ngebantu bgttzz… dukungan kami ada slalu ada tuk omm agar memberi info lain yg berguna,, ok sipp mantap maju truss omm…

  30. Toto
    13 Juli 2011 pukul 18:28

    Berhasil, makasih banyak ya gan…

  31. TYO
    26 Juli 2011 pukul 17:45

    KALU MAU NGEHack FB GMN BOS AJARIN DONG

  32. 27 Juli 2011 pukul 08:22

    bos inikan file nya buat mempassword bisa dihapus nt lau kehapus kan bahaya !!! ad g yang g bisa dihapus mkasih qw tugu jawabanya

  33. lucky utama wijaksana
    13 September 2011 pukul 14:53

    gan, sorry,,,ane minta tolong folder ane ilang, lengkapnya bukan ilang siy,,,ane pake encrypt trus folder ane kagak ada deh gimana cara munculin lagi folder ane?? langkah2nya dgimana gan,,,tengkiyu gan..hehehe

  34. 23 September 2011 pukul 00:44

    thanks sharing nya .. ada buat buka zip yg terpaswod gak ?

  35. 10 November 2011 pukul 16:25

    juragan gimana caranya buat menu horizontal pada blogger or wordpress… dah tak utak atik di htmlnya tapi ga ketemu…

  36. 11 Desember 2011 pukul 00:58

    thanks bro… folder lock emg keren hehe

  37. M
    26 Juli 2012 pukul 03:32

    APA YANG HARUS AKU LAKUKAN, FOLDER KAMI GAK BISA KELUAR

  38. 27 Juli 2012 pukul 05:27

    Its such as you read my thoughts! You seem to know a lot about this, such as you
    wrote the e book in it or something. I believe
    that you could do with a few percent to pressure the message home a
    little bit, but instead of that, this is fantastic
    blog. A great read. I will certainly be back.

  39. armstrongproduct
    4 Mei 2013 pukul 21:37

    folDER Lock = KUnci MAp/BROSur

    aRMStroNG_ProducT@YahOo.co.ID

  40. 17 Juli 2013 pukul 15:16

    I am a student just learning more regarding this business along with I really enjoyed reading
    it. Keep up the nice work! Regards!

  41. 9 Agustus 2013 pukul 06:00

    I’m starting a new internet website directory and was wondering if I can submit your website? I’m hoping to mature my directory gradually by hand so that it
    maintains good quality. I’ll make sure and put your website in the best category and I’ll also use, “cara mempassword folder n file | Kolom KomputerAktif” as your anchor text.

    Please be sure to let me know if this is okay with you by mailing me.

    Appreciate it

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: