Beranda > Pengetahuan Umum > cara belajar efektif

cara belajar efektif

by : ofa ragil boy

belBelajar merupakan sebuah aktifitas yang mutlak dilakukan oleh seorang pelajar. Tuntutan untuk belajar secara berkesinambungan hendaknya harus dipenuhi sepanjang yang bersangkutan ingin mendapatkan sebuah pemahaman yang utuh terhadap sebuah subtansi ilmu dan pengetahuan yang sedang digeluti. Oleh karena merupakan sebuah aktifitas yang sifatnya berkesinambungan, maka tentunya dibutuhkan tata cara yang efektif sehingga waktu dan ruang yang digunakan dalam rangka memenuhi sebuah pemahaman itu melalui belajar dapat tentunya optimal dan memiliki dampak yang maksimal. Professor Joseph Frank Landsberger atau lebih akrabnya sering dipanggil Joe, seorang peneliti dalam karakteristik dan atribut dari kegiatan belajar (Research in learner characteristics and attribute) yang berdomisili di St. Paul, Minesota, Amerika Serikat, memberikan sebuah panduan untuk bagaimana seseorang dapat melakukan belajar dengan cara yang efektif.

Dalam tata cara belajar yang efektif, Joe mengunakan pendekatan “metacognition”, istilah yang diciptakan oleh Flavell (1976), dan disampaikan oleh banyak orang. Sumber-¬sumber tambahan telah dikembangkan oleh SNOW (Special Needs Opportunity Windows), suatu project yang menargetkan pada pendidik-pendidik bantuan. Melalui situsnya pada studygs.net diberikan dengan lugas tata cara yang dibutuhkan oleh seorang pelajar dan tentunya mahasiswa untuk merenungkan sejenak masukan yang disampaikan oleh Joe melalui websitenya.

Berikut ulasan singkat tentang tata cara belajar yang efektif:
A. Untuk membuat langkah-langkah belajar efektif ADALAH mengetahui terlebih dahulu:
1. Diri sendiri
2. Kemampuan belajar anda
3. Proses yang berhasil anda gunakan dan dibutuhkan
4. Minat dan pengetahuan atas pelajaran anda inginkan.

Proses belajar sebuah ilmu katakanlah Manajemen Keuangan sangat mudah tetapi tidaklah semudah mempelajari Strategic Management, atau sebaliknya. Dengan kata lain, Joe menyampaikan bahwa dengan belajar apapun merupakan sebuah proses untuk mencapai tahap-tahap tertentu.

B. Empat langkah untuk belajar:
Pada tahap ini disediakan beberapa pertanyaan yang harus kita jawab. Setelah menjawab pertanyaan ini maka kita diwajibkan untuk menyusun strategi yang dilandasi dari jawaban-jawaban kita.
1. Mulai dengan masa lalu
a. Apakah pengalaman anda tentang cara belajar?
b. Pengalaman seperti apa yang anda miliki tentang belajar?
c. Apakah anda senang membaca? Memecahkan masalah?
d. Mengetahui cara untuk meringkas?
Tanyakan sendiri tentang apa yang kamu pelajari? Meninjau kembali?

2. Teruskan ke masa kini
a. Apakah anda memiliki minat?
b. Berapa banyak waktu yang dibutuhkan?
c. Apa yang bisa saya kontrol dan apa yang diluar dari kontrol saya?
d. Apa saya punya rencana? Apakah rencana saya telah dipertimbangkan dengan pengalaman dan gaya belajar?

3. Pempertimbangkan proses (Persoalan Utama)
a. Apa judulnya?
b. Apa kata kunci yang dominan?
c. Apakah saya mengerti?
d. Apakah yang telah saya ketahui?
e. Sumber dan informasi yang mana dapat membantu saya?
f. Apakah saya berhenti dan meringkas?
g. Apakah saya berhenti dan bertanya jika ini logis?
h. Apakah saya berhenti dan mengevaluasi (setuju/tidak setuju)?
i. Apakah saya membutuhkan waktu untuk berpikir dan kembali lagi?
j. Apakah saya perlu mendiskusi dengan “pelajar-pelajar” lain untuk proces informasin lebih lanjut?
k. Apakah saya perlu mencari “para ahli”, guruku atau pustakawan atau ahliawan?

4. Buat Review
a. Apakah kerjaan saya benar?
b. Apakah bisa saya kerjakan lebih baik?
c. Apakah rencana saya serupa dengan “diri sendiri”?
d. Apakah saya memilih kondisi yang benar?
e. Apakah saya meneruskannya; apakah saya disipline pada diri sendiri?
f. Apakah anda sukses?
g. Apakah anda merayakan kesuksesan anda?
Tentunnya dengan berusa menjawab setiap pertanyaan diatas maka kita dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan kita dalam hal melakukan belajar. Joe juga memberikan sedikit tips yang mungkin ada baiknya dipertimbangkan untuk dapat dijadikan pedoman kita untuk melakukan belajar dengan efektif, berikut tipsnya yang telah disadur dari website Joe (studygs.net)

Tip ini ditujukan bagi siswa/mahasiswa dalam mengatur jadwal belajar secara efektif

Pengaturan Waktu adalah membuat dan melakukan jadwal belajar agar dapat mengatur dan memprioritaskan belajarmu dalam konteks membagi waktu dengan aktivitas, keluarga, dan lain-lain.

Pedoman:
*Perhatikan waktumu.
*Refleksikan bagaimana kamu menghabiskan waktumu.
*Sadarilah kapan kamu menghabiskan waktumu dengan sia-sia.
*Ketahuilah kapan kamu produktif.

Dengan mengetahui bagaimana kamu menghabiskan waktu dapat membantu untuk:
• Membuat daftar “Kerjaan”. Tulislah hal-hal yang harus kamu kerjakan, kemudian putuskan apa yang dikerjakan sekarang, apa yang dikerjakan nanti, apa yang dikerjakan orang lain, dan apa yang bisa ditunda dulu pengerjaannya. Membuat jadwal harian/mingguan. Catat janji temu, kelas dan pertemuan pada buku/tabel kronologis. Selalu mengetahui jadwal selama sehari, dan selalu pergi tidur dengan mengetahui kamu sudah siap untuk menyambut besok.
• Merencanakan jadwal yang lebih panjang. Gunakan jadwal bulanan sehingga kamu selalu bisa merencanakan kegiatanmu lebih dulu. Jadwal ini juga bisa mengingatkanmu untuk membuat waktu luangmu dengan lebih nyaman.

Rencana Jadwal Belajar Efektif:
* Beri waktu yang cukup untuk tidur, makan dan kegiatan hiburan.
* Prioritaskan tugas-tugas.
* Luangkan waktu untuk diskusi atau mengulang bahan sebelum kelas.
* Atur waktu untuk mengulang langsung bahan pelajaran setelah kelas.

Ingatlah bahwa kemungkinan terbesar untuk lupa terjadi dalam waktu 24 jam tanpa review.
* Jadwalkan waktu 50 menit untuk setiap sesi belajar.
* Pilih tempat yang nyaman (tidak mengganggu konsentrasi) untuk belajar.
* Rencanakan juga “deadline”.
* Jadwalkan waktu belajarmu sebanyak mungkin pada pagi/siang/sore hari.
* Jadwalkan review bahan pelajaran mingguan.
* Hati-hati, jangan sampai diperbudak oleh jadwalmu sendiri!

Selamat belajar!
Success is my right.

About these ads
Kategori:Pengetahuan Umum
  1. 17 Januari 2009 pukul 08:54

    keluhan anak didikku
    umumnya begini: pak, kalau lagi dibahas, aku ngerti pol!
    tapi, ntar nyampe di ulangan
    lupa lagi, lupa lagi

    lalu bagaimana membuat awet pemahaman mereka?
    gampang
    baca artikel ini!

  2. 17 Januari 2009 pukul 11:37

    salam, senang menemukan blog ilmu ini. Mohon numpang mengambil sedikit trik bagi pendidikan generasi mendatang, semoga bermanfaat.

    wassalaam..

  3. 2 Februari 2009 pukul 09:47

    makasih ya….maaf kalo saya ngopy ni tulisan….

  4. 2 Februari 2009 pukul 09:50

    sangat di perbolehkan, yang penting bermanfaat dalam kebaikan. mungkin ilmu ini gratis dimata kita, tp saya berharap keridhoanNya, bila apa yang saya posting ini bermanfaat bagi manusia, amiene.

    hehehhee so banget gw ya.
    astaghfirullah
    masya Allah

  5. 9 Maret 2009 pukul 04:04

    ya seperti yg pak masedlodur, saya anq sklahan(klz 3smp) klw ge blajar bisa tpi xlw wktu ulangan atau ujian pasti lupa.. Gak bisa ingat smua nya… Aplagi yg d mnta adlah penjelasan.. My god!! Bs K.O. g… Bri solusi ny donk.. :) xlw ada jgan lp email k hendri_88@ymail y? Thanks

    oya jgan lupa kunjung ke wapsite aku, di indonesia.phn.me dan friendly.mobile.web.tr

  6. 7 April 2009 pukul 22:06

    uh,sangat bermamfaat bu4t gw….
    tapi mnta pendapatnya dunk,,,
    –kNpa Sich Gw klo school tu mlZ bgt bu4t nyatet,ngrjain tGaz..mw nya cma tdur Aja dlam Klas….
    mlhan,gw tU ska bloz T4 tman gw..krjaan gW klo bloz tu cma tdur..
    tlong y ksi tau pndpatNya,,,
    penting bggt..
    krm Aja ya pndpatnya lwt E-mail (bringaz.n4no@gmail.com)
    yaa broo.tulunk dech

  7. d_DEW N4674H!
    8 April 2009 pukul 10:00

    sebenere OKZ bgt loooooooh!! tipz2nya.
    O yach<q jG mau tanya neh,apa ya tips biar ga’ ngantuk dikelas n bisa konsen kalo lagi dikasih pelajaran ma guru???
    yaps,apalagi pelajaran mtk .kadang q nyepelein banget ,mungkin karna gurunya jg ga terlalu tegas…
    q juga pengen nunjukin prestasi dari jurusanQ,bahwa jurusan bahasa harus lebih bisa dari jurusan laen LANGUAGE IS POWER.

  8. 8 April 2009 pukul 10:20

    @d_DEW

    tuk kedua kalinya gw dapet pertanyaan ini, tapi yang pertama gw jawab via email, karna permintaannya begitu, tapi intinya kembali pada diri masing2.

    biar ga ngantuk di kelas, kalo malem jangna bergadang, atur waktu sebisa mungkin, kalo dah bisa ngatur waktu insya Allah semua berjalan lancar. biar semangat tuk belajar, kita harus mencintai apa yang akan kita pelajari.

    semua kembali ke diri masing2..

    hehhe…

    salam orb

  9. Najah
    21 April 2009 pukul 03:05

    Terima kasih ya.. sekarang aku emang lagi butuh banget ama tips-tips macem gini.., soalnya aku lagi kebingungan.. sebenarnya metode apa sih yang pantes buat aku???

  10. 21 April 2009 pukul 04:01

    @najah
    untuk menjawab pertanyaa sampean, jawabannya adalah ada pada diri sampean sendiri, banyak metode2 untuk belajar yang effektif.

    tapi dari semua metode itu, yang terbaik bagi diri kita masing2 adalah metode yang membuat kita nyaman, dan sebagainya (positif).

    thanx

  11. pheb2
    24 Mei 2009 pukul 02:58

    wah..makasih banget ya….boleh donk ngopy tulisan ini.
    bakal saya sampaikan ke temen2 yang laen.

  12. 26 Mei 2009 pukul 06:54

    @pheb2
    boleh saja copas asal tulis sumber aslinya. ok wkekekke :D

  13. wandi
    7 Oktober 2010 pukul 00:09

    aku punya keburukan saat bejar…..,,sering gak bisa konsen
    ge mana don

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: